Beberapa Minuman Khas Jambi dengan Rasa Unik
Buah pinang (Antara)

Bagikan:

Jambi adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra. Kalau datang ke daerah tersebut, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Jambi yang bisa bikin lidah bergoyang.

Selain itu, kurang lengkap jika tak sekalian mencoba minuman khasnya. Minuman khas Jambi cukup unik dan bikin penasaran. Berikut ini adalah beberapa minuman khas Jambi.

Pilihan minuman khas Jambi

1.      Jus pinang

Minuman ini dibuat dari buah pinang yang di haluskan. Minuman kerap menjadi pilihan untuk masyrarakat Jambi untuk menyegarkan badan.

Jus pinang dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah masuk angin, dan melancarkan peredaran darah. Bagi anak-anak, jus pinang juga bisa menjadi obat cacing.

2.      Air kawa khas Kerinci

Jika umumnya minuman dibuat dari biji kopi, yang satu ini dibuat dari daunnya. Ya, air kawa dibuat dari seduhan daun kopi kering yang sebelumnya telah disangrai. Minuman ini termasuk minuman tradisional yang berasal dari masyarakat Kerinci.

Pada masa kolonialisme, minuman ini menjadi pengganti minuman kopi. Rasa dari air kawa sepat, tetapi punya aroma yang khas.

3.      Kopi tuak

Di Jambi memang ada banyak pilihan minuman kopi. Salah satu yang menarik adalah kopi tuak. Rasa yang dimiliki oleh minuman ini sangat unik karena dibuat dengan mencampurkan air nira.

Kopi tuak dibuat dengan air nira yang masih. Jika kamu ingin mencoba kopi ini, kamu bisa datang ke Desa Jambi Tulo, Kabupaten Muaro Jambi. Selain mengunjungi tempat wisata, mencoba minuman khas bisa jadi pengalaman tak terlupakan.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!