Indahnya Pulau Berhala Jambi, Tempat Wisata dengan Situs Sejarah Menarik
Pulau Berhala (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Bagikan:

Salah satu aset Provinsi Jambi adalah Pulau Berhala yang berlokasi di Selat Berhala. Pulau ini berhias pasir putih dan gugusan batu-batu berukuran besar yang tersebar di sepanjang pantai.

Dengan warna air yang jernih kebiruan, pantai di pulau ini sangat menarik untuk jelajahi. Belum lagi berbagai jenis terumbu karang yang ada di bawah permukaan lautnya.

Travel ke tempat ini memberikan pengalaman yang lengkap. Selain punya pemandangan yang eksotis, Pulau Berhala termasuk tempat yang menarik bagi pecinta sejarah karena ada sejumlah situs yang dikeramatkan serta peninggalan bersejarah.

Untuk menikmati keindahan pulau ini pengunjung tak dipungut biaya tiket masuk, melainkan biaya menyewa kapal untuk menyeberangi laut. Berbagai kegiatan bisa dilakukan ketika sampai di Pulau Berhala, seperti berenang, snorkeling, dan menyelam.

Keindahan bawah laut Pulau Berhala dan aturan yang harus dipatuhi

Wisatawan juga diminta untuk mematuhi aturan setempat. Ada sebuah mitos yang melarang perbuatan asusila di tempat ini. Jika nekat melanggarnya, masyarakat setempat percaya akan berakibat fatal bagi pelaku.

Selain itu, pengunjung juga harus mematuhi aturan lain terkait konservasi pulau. Pengunjung dilarang merusak tanaman dan membunuh hewan di Pulau Berhala. Pengunjung juga dilarang membawa senjata tajam serta minuman keras.

Pulau Berhala masih punya pantai alami berpasir putih dan belum tercemar. Berbagai keindahan alam terbentang dan siap memuaskan para pengunjung yang haus akan keindahan dan ketanganan.

Di sekeliling pulau terdapat sejumlah pulau kecil yang memiliki pantai landai dengan air laut jernih. Hal tersebut memungkinkan pengunjung untuk bisa melihat gradasi warna air laut antara hijau toska dan biru muda.

Tak hanya di permukaannya saja, alam bawah laut Pulau Berhala juga sangat indah dan asri. Pulau Berhala kaya akan hutan akar bahar, selain itu juga ada banyak jenis terumbu karang yang indah. Di antara terumbu karang tersebut, bersembunyilah berbagai jenis ikan-ikan kecil.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!