Tinjau Banjir di Kota Semarang, Tri Rismaharini Minta Pengoperasian Semua Mesin Pompa Air
Tri Rismaharini tinjau banjir yang terjadi di Perumahan Tlogosari, Kota Semarang (Antara)

Bagikan:

Tri Rismaharini, Menteri Sosial (Mensos), meninjau kondisi kawasan yang dilanda banjir di Perumahan Togosari, Semarang, Jawa Tengah. Ia kemudian meminta petugas dari BBWS Pemali Juana supaya mengoperasikan semua pompa penyedot air yang ada di Sungai Tenggang.

Ia menjelaskan, hal tersebut mampu mengurangi debit air yang menggenangi Kota Semarang. Melihat keadaan masyarakat yang berlarut-larut terendam banjir, Mensos merasa iba.

"Itu pompa tolong dinyalakan semua Pak, ini masih ada genangan, biar cepat surut, terlalu lama ini kasihan warga," pinta Tri Rismaharini kepada petugas BBWS Pemali Juana melalui sambungan telepon, Minggu, 7 Februari malam, dilansir Antara.

Menyikapi permintaan tersebut, petugas yang ditelepon Risma menjelaskan bahwa sejumlah unit mesin pompa penyedot mati karena sedang proses pendinginan setelah digunakan.

"Pendinginan berapa jam? Itu setengah jam cukup. Saya tahu pompa itu seperti apa. Tolong dinyalakan maksimal,Pak," jelasnya dengan nada mengiba.

BACA JUGA:


Ditelepon Tri Rismaharini, penjelasan petugas BBWS Pemali Juana berbeda

Risma kemudian juga berbicara melalui telepon dengan petugas BBWS Pemali Juana yang lain dan menerima penjelasan jika pompa di Rumah Pompa Kali Tenggang tidak dioperasikan karena ada pemadaman listrik. Rumah Pompa Kali Tenggang juga tak memiliki genset.

"Sampai berapa hari (tidak dioperasikan)? Masak warga harus begini terus," kata dia.

Saat tiba di lokasi banjir di Perumahan Tlogosari Semarang, Risma yang mengenakan sepatu boots berjalan kaki menyusuri genangan air setinggi kurang lebih 30 sentimeter. Dia juga mendatangi beberapa dapur umum di kawasan tersebut yang dibuka untuk membantu para korban banjir.

Sebelumnya, Risma juga berkunjung ke lokasi tanah longsor di RT03/RW01 Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Banjir dan tanah longsor melanda beberapa wilayah di Kota Semarang karena curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!