Catat! 6 Tips Menggemukkan Badan untuk Dapatkan Berat Ideal
Ilustrasi olahraga untuk kekuatan (unsplash)

Bagikan:

Badan yang terlalu kurus berpotensi terjadinya sejumlah gangguang kesehatan, seperti anemia, tulang rapuh, lemahnya daya tahan tubuh, dan persoalan kesuburan. Untuk menghindarinya, ada baiknya berat badan yang terlalu rendah ditingkatkan.

Hal tersebut bisa dilakukan secara alami. Tips menggemukkan badan dengan cara sehat adalah hal yang penting agar proses penggemukan tak mengundang gangguan kesehatan. 

Beberapa Tips Menggemukkan Badan secara Alami

1. Lebih sering mengonsumsi makanan

Makan dengan lebih sering bertujuan untuk menambah kalori dan nutrisi. Jika tak bisa makan dalam porsi yang banyak, cara yang bisa dilakukan adalah makan sedikit dalam frekuensi yang lebih tinggi.

Dalam sehari, Anda bisa makan 5 hingga 6 kali. Dengan catatan, porsi makanannya sedikit.

2. Pemilihan makanan

Makanlah makanan yang mengandung nutrisi untuk mendukung peningkatan berat badan, yaitu makanan yang mengandung lemak, protein, karbohidrat kompleks, dan berbagai vitamin serta mineral.

Jenis makananyang bisa dipilih, antara lain ikan, daging, kacang-kacangan, telur, tahu, dan tempe. Vitamin dan mineral bisa didaparkan dari roti gandum, sereal gandum, nasi merah, dan berbagai jenis buah serta sayur.

3. Makanan dengan lemak baik

Salah satu yang penting untuk meningkatkan berat badan adalah lemak tak jenuh, misalnya omega-3 dan omega-6. Lemak sehat tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi alpukat, ikan, telur, serta kacang-kacangan.

4. Susu

Rutin minum susu atau mengonsumsi produk olahannya dapat menaikkan berat badan. Dalam sehari, Anda bisa minum susu sapi murni atau susu penggemuk badan sebanyak 1 hingga 2 gelas.

5. Olahraga rutin

Olahraga secara rutin, terutama latihan kekuatan, mampu meningkatkan berat badan. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan nafsu makan.

6. Istirahat cukup

Hal sederhana, tetapi penting. Tidur yang cukup setiap malam memberikan efek kepada berat badan. Tidur cukup mendukung proses pembentukan jaringan tubuh. Bagi orang dewasa, durasi tidur yang ideal adalah 7 hingga 9 jam per malam.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!