Punya Rp105,33 Triliun, Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya di Indonesia Urutan ke-3
Prajogo Pangestu (Foto: Istimewa)

Bagikan:

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index yang dikutip pada 10 Februari 2021, salah satu orang Indonesia memiliki harta kekayaan bersih senilai 7,53 miliar dolar AS atau sekitar Rp105,33 triliun (kurs Rp13.988 per dolar AS). Nama orang tersebut adalah Prajogo Pangestu.

Pengusaha senior ini menjadi orang terkaya di Indonesia urutan ke-3, yaitu ada di bawah Robert Hartono dan Bambang Hartono. Dalam skala internasional, pria 76 tahun asal Kalimantan ini menduduki peringkat ke-349 sebagai orang terkaya di dunia.

Dalam ulasan singkat, Bloomberg menjelaskan bahwa Prajogo merupakan pendiri PT Barito Pacific Tbk., yaitu perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia. Korporasi ini yang berbasis di Jakarta dan memiliki pembangkit listrik dan aset penghasil plastik

Pada 2019, grup usaha Barito melaporkan pendapatan mereka menyentuh angka 2,4 miliar dolar AS. Adapun, divisi usaha Barito terdiri dari beberapa subunit dengan anak usaha utama Chandra Asri Petrochemical.

Bisnis Prajogo sudah cukup menggurita di dalam negeri selama puluhan tahun serta mengeruk banyak keuntungan. Guna membayangkan seberapa banyak harta taipan yang pernah melakoni profesi sebagai sopir angkot itu, berikut adalah perbandingan sederhananya.

Bisa membeli emas di Antam sebanyak 105 ton

Dengan estimasi harga emas Antam per gram sebesar Rp1 juta, maka logam mulia itu bisa dibeli sebanyak 105 ribu kg emas murni atau 105 ton.

Bisa membeli BBM untuk penduduk Indonesia selama 3 bulan

Harga minyak dunia saat berita ini dibuat adalah 60 dolar AS per barel. Jika Prajogo memiliki net worth sebesar 7,53 miliar dolar AS, maka minyak yang bisa dibeli mencapai 125 juta barel minyak atau setara dengan 19,75 juta kilo liter.

Jika konsumsi bahan bakar minyak (BBM) nasional 75 juta kilo liter per tahun, uang Prajogo bisa digunakan untuk membeli BBM bagi seluruh orang Indonesia selama selama kurang lebih 3 bulan.

Bisa membeli mobil Tesla termahal 23 ribu buah

Banderol kendaraan listrik Tesla termahal tipe P100D adalah Rp4,4 miliar. Prajogo, dengan uang Rp105 triliun, bisa membeli mobil tersebut lebih dari 23 ribu unit secara cash.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!