4 Rekomendasi Makanan Khas Jambi untuk Liburan yang Lebih Lengkap
Tempoyak ikan (Antara)

Bagikan:

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Sumatra adalah Jambi. Saat berlibur ke sana, salah satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah mencicipi makanan khas Jambi.

Makanan khas Jambi ada yang mirip dengan makanan khas provinsi tetangga. Namun, Jambi tetap punya ciri khas yang membuat pecinta kuliner akan selalu meningat provinsi ini. Berikut adalah beberapa makanan khasnya.

Pilihan makanan khas Jambi  

1.    Daging masak itam

Makanan khas Jambi ini dibuat dari daging. Rasa makanan ini manis dan gurih, dibuat dengan kuah berwarna hitam pekat.

Dilihat sekilas makanan ini mirip dengan semur, tetapi kuahnya lebih kental. Saat memasak, bumbu dibiarkan hingga meresap dan daging menjadi empuk.

2.    Tempoyak

Ini merupakan makanan khas Jambi, tetapi juga menjadi makanan khas daerah lain, yaitu di Riau dan Sumatra Selatan. Tempoyak sangat populer. Makanan ini terbuat dari buah durian yang difermentasi.

Tempoyak bisa dimakan bersama nasi putih. Tempoyak juga bisa dijadikan bumbu masakan yang menambah sedap makanan. 

3.    Kerutup Ikan

Kerutup ikan merupakan makanan khas Jambi yang dibuat dari ikan tawar, seperti nila, gurame, dan mas. Setelah ikan diberi bumbu khusus, kemudian digoreng bersama daun kunyit. Ini membuat masakan memiliki aroma yang khas.

4.    Nasi gemuk

Makanan khas Jambi ini juga menjadi kuliner yang biasa dijadikan menu sarapan masyarakat Jambi. Jika dilihat, makanan ini punya kemiripan dengan nasi uduk asal Betawi.

Hal yang membedakannya antara lain lauk-pauk yang jadi pelengkapnya. Lauk dalam nasi gemuk adalah telur dadar yang diiris atau telur rebus, kacang goreng, bihun goreng, bawang goreng, dan sambal merah ulek.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!