Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Toyota meresmikan perkenalkan versi evolusi dari GR Yaris untuk pasar Jepang. Peluncuran ini menyusul tren positif pada model facelift-nya yang telah diperkenalkan sejak awal tahun lalu.

Melalui divisi Toyota Gazoo Racing (TGR), hatchback tersebut memiliki sejumlah perubahan cukup signifikan mulai dari eksterior lebih berani hingga performa yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Melansir dari laman resmi pabrikan, Sabtu, 12 April, versi evolusi dari GR Yaris dilengkapi dengan opsi instalasi ‘Aero Performance Package’, menyediakan perlengkapan aerodinamika yang berperan dalam meningkatkan performa hatchback ini.

Ini terdiri dari hadirnya ‘Ducted Aluminium Hood’ pada bagian kap depan yang terinspirasi dari GRMN Yaris. Ini berfungsi dalam meningkatkan  pendinginan ke bagian mesin saat berada di kecepatan tinggi dengan membuang panas pada ruang mesin.

Selain itu, hadir juga ‘Front Lip Spoiler’, berperan dalam meningkatkan keseimbangan aerodinamis tingkat tinggi yang dikembangkan melalui kompetisi Super Taikyu di Jepang. Perangkat ini dapat menekan pembentukan gaya angkat di depan sehingga meningkatkan kontak tanah depan dan keseimbangan aerodinamis.

Mobil tersebut kini memiliki ‘Fender Ducts’, berperan dalam melepaskan udara belakang yang terkumpul di ruang kemudi depan. Ini meningkatkan kendali dan kestabilan saat memasuki tikungan.

Tersedia juga ‘Fuel Tank Undercover’, terinspirasi dari flat shape bagian bawa tangki bahan bakar pengaman pada mobil Super Taikyu. Ini berguna dalam mengoptimalkan aliran udara di bawah bodi kendaraan dan meningkatkan kinerja aerodinamis.

Salah satu bagian yang menonjol pada versi evolusi GR Yaris adalah hadirnya ‘Variable Rear Wing’, merupakan sayap belakang yang membantu menjaga kestabilan pengendalian di kecepatan tinggi dan meredam gerakan saat pengereman. Perangkat ini dapat disesuaikan tergantung pada situasi berkendara.

Terakhir ada ‘Rear Bumper Ducts’, membantu mengurangi koefisien hambatan. Saluran tersebut dikembangkan untuk mengurangi beban pada bagian bumper belakang.

Mobil satu ini juga mendapatkan pengaturan suspensi yang lebih baik dengan mengencangkan bagian sasis dan memperkuat sebagian baut konvensional, demi mendapatkan pengendalian dan performa lebih optimal.

Sistem Electronic Power Steering (EPS) juga telah disempurnakan melalui masukan pembalap profesional, sehingga meningkatkan linearitas kemudi lebih baik.

Berbicara soal performa, versi evolusi GR Yaris ini memiliki mesin 1,6 liter 3-silinder turbo yang dapat memompa tenaga 304 ps dan torsi 400 Nm. Performanya dibantu dengan opsi transmisi manual enam percepatan atau otomatis delapan percepatan serta sistem penggerak 4WD GR-Four yang dikembangkan oleh TGR.

Hadir dalam varian RC, RZ, dan RZ “High Performance”, Toyota GR Yaris ini dipatok dengan harga mulai dari 3.560.000 yen hingga tertingginya 5.330.000 yen (setara Rp416,4 juta sampai Rp623,5 juta).