Makanan Khas Sunda yang Rasanya Bikin Ketagihan
Makanan Khas Sunda (Tokopedia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebelum membahas makanan khas Sunda, siapa sih yang tak tau perihal Tanah Pasundan ? Yang familiar dengan tradisi yang kental dan kesederhanaanya.

Wilayah Pasundan masuk dalam kawasan Jawa Barat, bukan cuma familiar dengan masyarakatnya yang ramah tetapi juga familiar dengan obyek wisatanya. Banyak tujuan obyek liburan yang berada di Tanah Pasundan ini mulai dari tamasya alam, edukasi, dan tidak lupa juga wisata kulinernya tentunya. Yuk kita bahs kuliler tradisionalnya….

5 Deretan Makanan Khas Sunda yang Ngangenin

Nasi Liwet

Orang Sunda itu demen banget berkumpul sambil menyantap makanan bersama-sama (botram). Umumnya ketika mereka makan besar, nasi liwet senantiasa tersaji bersama aneka lauk seperti ayam, tahu, tempe, ikan asin, lalapan serta sambel.

Nasi Liwet sendiri adalah olahan beras yang dimasak bersama bawang merah, bawang putih, santan, daun salam, lengkuas, sereh, sedikit garam dan penyedap rasa. Kemudian beras dimasak didalam kastrol (panci untuk menanak nasi liwet) sampai beraroma harum dan matang. Siapa perdah Cobain nasi liwet?

Karedok

Pembahasan yang selanjutnya yakni Karedok. Pasti banyak yang tanya apa itu karedok, karedok merupakan makanan khas Sunda orisinil yang terbuat dari sayuran mentah.

Mentah? Sedap dimakan ? Eiiits jangan salah dahulu karedok berbahan sayuran mentah yang di siram dengan saus kacangnya yang khas dan benar-benar menarik hati loh!

Bahan yang dipakai untuk membikin karedok antara lain mentimun, tauge, kubis, kacang panjang, terong kecil, dan tidak lupa kemangi untuk menambah wewangian nikmat pada karedok.

Amat recomended untuk orang yang sedang diet dan yang vegetarian.

Sate Maranggi

Sate maranggi merupakan makanan khas yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Pada dasarnya sate ini sama dengan sate pada biasanya dengan memakai daging sapi dan kambing. Tetapi ada banyak ke khasan dari sate ini yang membedakan dari yang lainya.

Sebelum preoses pembakaran sate daging yang akan dibakar sebelumnya direndam dalam bumbu rahasia yang membikin sate ini terasa nikmat, kemudian baru di tusuk dan dibakar.

Lantaran sebelum pembakaran dan ketika pembakaran sate ini diolesi bumbu, sate ini dikala penyajian tak di berikan sambel pada biasanya.

Batagor

Ini merupakan makanan khas Sunda orisinil yang menjadi favorit banyak orang ialah batagor. Batagor atau bakso tahu goreng yaitu makanan khas Bandung dengan bahan ikan tengiri, tepung sagu, dan lain-lain. Diolah dan dibungkus memakai kulit pangsit dan lalu di goreng.

Batagor dihidangkan dengan di potong-potong dan dikasih saus kacang yang benar-benar nikmat dengan rasa legit manis dan gurih serta dengan tambahan jeruk limau sebagai perasanya.

Empal Gentong

Empal merupakan masakan khas Cirebon. Yang membedakan dengan empal lainnya yaitu progres pemasakan daging yang memakai kayu bakar dengan memakai gentong supaya dagingnya empuk dan harum baunya.

Bahan utama dari empal gentong berbeda dari empal pada umumnya. Empal gentong memakai bahan baku daging, usus, dan babat sapi. Daging dipotong-potong lalu disiram dengan kuah kuning kental yang terbuat dari santan. Empal gentong umum dihidangkan dengan lontong dan emping.

Jadi setelah mengetahui makanan khas sunda, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!