Beberapa Minuman Khas Prancis Bercita Rasa Unik dan Manjakan Lidah
Ilustrasi (Creativ/Vix)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak hanya kuliner, Prancis memiliki beberapa minuman khas yang terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Selain memiliki sejarah yang menarik, minuman-minuman ini juga memiliki cita rasa yang khas dan unik, baik alcohol maupun non-alcohol. Apa saja minuman-minuman tersebut? Melansir ragam sumber, berikut penjelannya.

Chocolat L'ancienne

Chocolat L'ancienne merupakan minuman khas Prancis yang terbuat dari dark chocolate yang dilelehkan. Minuman yang satu ini biasanya diminum untuk merayakan kemenangan tim sepak bola. Minuman ini biasanya disajikan dengan whipped cream sehingga membuatnya semakin kental dan kaya rasa.

Kir

Minuman khas Prancis selanjutnya ada Kir. Campuran anggur putih yang dikombinasikan dengan liqueur blackcurrant circant. Kir juga memiliki beberapa variasi seperti peach liqueur. Kir merupakan minuman favorit masyarakat Prancis dan pertama kali muncul sekitar tahun 1950, yakni pada masa pemerintahan Walikota Dijon, Felix Kir.

Absinth

Minuman khas Prancis yang satu ini termasuk ke dalam jenis minuman favorit para elite di Prancis. Meski mengandung alkohol, minuman ini aman dikonsumsi selama tidak berlebihan, sebab Absinth mengandung ramuan herbal dan kayu apsintus.

Citron Presse

Citron presse merupakan jenis minuman khas Prancis yang terbuat dari jeruk lemon yang dikombinasikan dengan campuran gula pasir dan air dingin yang menghadirkan sensasi menyegarkan dan unik.

Grand Marnier

Terbuat dari campuran gula, jeruk pahit Haiti dan Brandy Cogna, Grand Marnier merupakan salah satu minuman khas Prancis yang melegenda dengan aroma alkohol yang khas. Grand Marnier lebih nikmat jika disajikan dengan tambahan es batu atau sebagai campuran koktail.

Cognac

Jenis minuman khas Prancis yang satu ini tergolong mahal. Termasuk dalam kategori minuman beralkohol. Cognac terbuat dari fermentasi jenis buah anggur Prancis yang memiliki cita rasa unik dan tidak biasa.

Café au lait

Meski sering dibandingkan dengan variasi kopi Eropa lainnya, terutama caffè latte Italia berbasis espresso. Café au lait, kopi Prancis yang terbuat dari pencampuran susu hangat ini sebagian besar dibuat dengan menyeduh kopi secara tradisional menggunakan mesin pres khusus. Rasio bahan-bahannya juga berbeda. Café au lait biasanya memiliki rasio kopi dan susu yang sama dan sebagian besar tidak memiliki busa di atasnya.

Bordeaux

Wilayah Bordeaux merupakan area penanaman anggur terbesar di Prancis. Ada sekitar 50 puluh lebih varian anggur di daerah tersebut. Untuk itu anggur bordeaux juga bermacam-macam. Mulai dari anggur murah yang diproduksi secara masal hingga anggur mahal edisi terbatas. Variannya mulai dari anggur merah, putih, dan anggur bersoda.

Anggur red bordeaux sebagian besar diproduksi di Cabernet Sauvignon, Cabernet Franc, Petit Verdot, Merlot, Malbec, atau Carménère.