Kenakan APD Lengkap, Dokter di RSUD Belitung Berhasil Bantu Persalinan 2 Ibu Hamil Positif COVID
Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra, Sp. An (Foto: Antara/Kasmonoo)

Bagikan:

BELITUNG - Proses persalinan dua ibu hamil positif COVID-19, FEM (23) dan JUR (29) di RSUD Marsidi Judono Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berjalan lancar dan bayi lahir dalam keadaan selamat.

Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra, Sp. An melalui Kepala Bagian Tata Usaha, Ika Harniati di Tanjung Pandan mengatakan, tindakan operasi sectio caesaria terhadap kedua pasien tersebut berjalan lancar.

"Operasi dilakukan oleh tim medis Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD Marsidi Judono Belitung dengan menerapkan SOP dan protokol kesehatan COVID-19 yang berlaku," katanya dilansir Antara, Kamis, 29 April. 

Menurut dia, pasien FEM (23) usia kehamilannya adalah 41 pekan dan pasien JUR (29) usia kehamilan 39 pekan dengan status terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kedua pasien tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 yang berdasarkan hasil tes usap antigen," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam persalinan tersebut semua tim medis operasi dan perinatologi yang melakukan resusitasi bayi baru lahir dari kedua pasien tersebut beserta seluruh petugas kesehatan pendukung di ruangan operasi menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) level tiga.

"Selanjutnya setelah operasi kedua pasien diisolasi di ruang isolasi B sampai waktu karantina selesai dan dinyatakan sembuh," katanya.