BMKG: Cuaca di Sejumlah Kota Cerah Berawan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan prakiraan cuaca di sejumlah kota di Tanah Air cenderung lebih sejuk karena didominasi berawan hingga cerah berawan dengan suhu berkisar 18 sampai 33 derajat Celcius dan kelembapan udara rentang 55 hingga 100 persen.

Melalui prakiraan cuaca yang dikutip dari Antara di Jakarta, Sabtu 29 April, BMKG menyebutkan cuaca berawan saat pagi berpotensi terjadi di Palembang, Manokwari, Jayapura, Ternate, Tanjung Pinang, Tarakan, Samarinda, Palangka Raya, Jambi,dan Denpasar.

Sementara Semarang serta Medan yang diperkirakan berawan tebal. Adapun cerah berawan berpotensi terjadi di Manado, Makassar, Kupang, Pangkal Pinang, Banjarmasin, Bandung, Gorontalo Jakarta Pusat, Yogyakarta Yogyakarta, dan Serang.

Cuaca cerah diperkirakan hanya terjadi di Banda Aceh, dan kabut ada di Pontianak, Bandar Lampung, serta Pekanbaru.

Sementara itu, prakiraan hujan ringan justru mengguyur Padang, Kendari, Mamuju, Mataram, Ambon, Surabaya, dan Bengkulu. Tidak ada hujan lebat ataupun hujan petir menurut prakiraan BMKG pada Sabtu pagi.

Beranjak siang hari perlu sedia payung sebab kota-kota besar yang semula diprakirakan berawan dan cerah berawan saat pagi, berpotensi mengalami hujan saat siang.

BMKG memprakirakan hujan ringan terjadi di Medan, Kendari, Mamuju, Makassar, Pekanbaru, Manokwari, Ambon, Tanjung Pinang, Palangka Raya, Pontianak, Semarang, dan Bandung. Adapun hujan sedang berpotensi terjadi di Yogyakarta, lalu hujan petir ada di Manado dan Mataram, serta hujan lebat hanya di Bengkulu.

Prakiraan cuaca berawan ada di Serang, Banjarmasin, Bandar Lampung, Jayapura, dan Palembang, serta berawan tebal berpotensi terjadi di Ternate serta Surabaya.

Sedangkan kondisi cerah berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Denpasar, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Kupang, dan hanya kota Padang serta Tarakan yang berpotensi cerah saat siang hari.

Ketika malam, kondisi cuaca diprakirakan masih didominasi berawan dan cerah berawan.

Menurut prakiraan BMKG, langit berawan berpotensi terjadi di Medan, Manado, Kendari, Makassar, Pekanbaru, Jayapura, Kupang, Mataram, Ambon, Banjarmasin, Pontianak, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Serang, serta berawan tebal di Ternate.

Prakiraan cerah berawan berada di Banda Aceh, Denpasar, Bengkulu, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pinang, serta cerah di Padang.

Hujan berpotensi mengguyur sebagian kecil kota besar di Indonesia, yaitu Palembang, Manokwari, Mamuju, dan Bandar Lampung, Palangka Raya, dan Bandung.